Awal Perjalanan Ibrahim bin Adham

Kisah Kelima  dari Syaikh Muzaffer Ozak (Mudhaffar Asyq) al Jerrahi :[1]

Ibrahim bin Adham[2] adalah seorang sultan yang hidup diliputi kemewahan. Sebenarnya di dalam lubuk hatinya yang paling dalam ia juga ingin sekali menjadi seorang sufi yang dekat dengan Allah. Namun demikian tentu banyak yang harus ia korbankan. Hingga pada suatu malam . . .

Sultan tengah tertidur dipembaringan empuk berselimut bulu-bulu yang lembut dengan sprei sutra yang indah. Dalam jiwanya bergejolak perasaan, “Aku harus pergi. Aku harus meninggalkan ini semua”.

Lalu tiba-tiba saja ia mendengar berbagai suara aneh yang berasal dari atap istananya. Ia buka jendela lalu berteriak, “Siapa itu? Sedang apa di atas sana?”.

Terdengar suara menjawab, “Kami sedang membajak tanah”.

Ibrahim bin Adham pun berkata, “Jawaban macam apa itu! Bagaimana kau bisa membajak tanah di atap istana?”

Dan suara itu menjawab, “Mengapa kau anggap aneh kami yang membajak tanah di atas atap istana? Bukankah engkau yang aneh ? Engkau fikir bisa menemukan Allah dengan berbaring di atas lembaran sprei sutra di kamar tidurmu?”

Setelah itu lah Ibrahim bin Adham semakin mantap untuk menekuni dunia sufi, menjadi salik dan kemudian menjadi ulama besar.

Syaikh Muzaffer menekankan bahwa kita harus mengupayakan usaha-usaha keras tertentu dan menanggung beban-beban penderitaan tertentu untuk merai kedekatan dengan Allah.

Allah lebih dekat kepadamu daripada engkau kepada dirimu sendiri.  sayangnya kedekatanmu kepada Allah terhijab (tertutupi) oleh dirimu sendiri.  Allah berfirman, “Terdapat tujuh puluh ribu hijab antara engkau terhadap Aku, tetapi tidak ada hijab antara Aku terhadapmu”. Allah lebih dekat kepadamu daripada kedekatanmu pada dirimu sendiri.


[1] Diadaptasi dari Syaikh Muzaffer Ozak, Cinta Bagai Anggur (terj), Bandung : Pustaka Prabajati, 2008, hlm. 22-23

[2] Nama beliau Sultan Ibrahim bin Adham bin Mansur Al-Balkh Al-Ijli Abu Ishaq (Wafat 777 M) dikenal juga dengan nama Abu bin Adam. beliau adalah Sultan Kerajaan Balkh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s