JAWABAN “SAYA MENGIKUTI GURU” ADALAH JAWABAN PALING TEPAT

Semalam kawan saya yang bekerja di kota datang. Dia menceritakan bahwa ada teman kost nya yang sering menanyakan perihal tata cara ibadahnya. “Kenapa kamu shalat nya begitu?” dan pertanyaan yang semacamnya.
“Trus kamu menjawab apa?” saya bertanya
“Saya menjawab bahwa saya mengikuti pengajaran dari Guru saya. Tapi dia bertanya “Kamu mengikuti Guru atau mengikuti Rasulullah?”
Sebenarnya, saya dongkol dengan pertanyaan (atau pernyataan?) semacam itu. Itu kan seolah mengatakan “Guru mu itu tidak mengikuti Rasulullah!”. Lha, berarti guru saya tidak mengikuti Rasulullah, semuanya. Wong ajaran guru-guru saya ya kurang lebih sama. Kalimat itu tampilannya “pertanyaan”, tapi makna nya bisa jadi “tuduhan” yang serius!
Saya tidak mungkin membekali teman saya ini untuk berdebat. Maka saya cari jalan keluar yang baik. Cobalah tanya kepada teman yang “mengikuti Rasulullah” itu. Apakah ia belajar langsung kepada Rasulullah atau melalui guru? Ustadz? Saya yakin jawabnya melalui ustadznya. Lha, kalau dia boleh mengikuti ustadznya kenapa kita tidak boleh mengikuti guru kita?
Saya akhirnya berpesan kepada sahabat saya yang esoknya akan berangkat ke kota itu. Sudahlah, jawaban “Saya mengikuti Guru” adalah jawaban paling benar bagi orang-orang awam (bodoh) macam kita. Kita yakin guru-guru kita itu mengikuti pengajaran gurunya, terus bersambung sampai kepada Rasulullah.
Yang penting kita berusaha mengamalkan ajaran-ajaran, akhlak dan ilmu sesuai kemampuan. Kalau dia masih nanya urusan ibadah, kamu tidak usah ditanggapi. Wong niatnya itu bukan bertanya untuk memperoleh keluasan ilmu. Niatnya adalah menilai ibadah kamu. Katakan saja mudah-mudahan ibadah saya dan kamu diterima Allah. Tetaplah berteman dan hargailah perbedaan.
Muga-muga Allah melindungi sahabat-sahabat Naswa yang bekerja di kota-kota. Menjaga mereka dalam kebaikan dan keberkahan.

Kertanegara, Naswa, 01 November 2015 M / 17 Muharram 1437 H

Leave a Reply

