Pengajian Kitab ‘ushfuriyah Pertemuak ke-3

Gambar 3

Bismillaahirrahmaanirrahim.

Hikayat yang lain.
Ada seorang hamba, pada zaman Bani Israil sedang berjalan melewati tumpukan pasir/ kerikil. Pada saat itu, Bani Israil sedang tertimpa kelaparan. Maka si Hamba itu berangan-angan, seandainya saja tumpukan pasir/ kerikil ini berubah mejadi tepung, Pastilah akan kenyang masyarakat Bani Israil.
Allah Ta’ala mewahyukan kepada salah seorang Nabi dari Nabi-nabi Bani Israil agar beliau berkata kepada si Hamba itu bahwa sesungguhnya Allah Ta’ala telah memberi pahala dari angan-angan mu yang berkata, “Kalau saja pasir/kerikil ini menjadi tepung, maka aku akan menyedekahkannya (untuk Bani Israil yang kelaparan)”.
Barangsiapa yang menyayangi hamba-hamba Allah Ta’ala maka Allah akan selalu menyayanginya. Sesungguhnya Hamba tersebut menyayangi hamba-hamba Allah (yang sedang kelaparan) dengan ucapannya “kalau saja menjadi tepung, pasti akan mengenyangkan manusia (Bani Israil)”. Maka ia mendapatkan pahala seperti telah melaksanakannya.
Hikmah yang dapat kita ambil :
1. Berangan-angan kosong itu dilarang, termasuk perkara yang tidak disukai Allah, tapi pada konteks ini malah mendapat pahala. Kenapa? Karena angan-angannya lahir dari keprihatinan dan kasih sayang kepada kaum/ masyarakatnya.
2. Hendaknya kita menyayangi masyarakat kita dan menginginkan terwujudnya keadaan yang baik untuk mereka meskipun tidak mampu melaksanakannya. “Mengangankan” dan “Mendo’akan masyarakat dengan kasih sayang” menjadi sebab Allah mengalirkan kebaikan kepada kita.
3. Allah memerhatikan niat hamba-Nya dan memberinya ganjaran sebelum melaksanakannya sebagaimana diterangkan dalam hadits.
Dan masih banyak lagi hikmah yang lainnya. Wallaahu A’lam.
Kertanegara, Naswa
Minggu 08 November 2015 M / 26 Muharram 1437 H

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s